Mengapa Kita Harus Membaca Buku - Arif Rahmawan

Minggu, 22 September 2019

Mengapa Kita Harus Membaca Buku

Sungguh merupakan sebuah hal yang sangat mengherankan, bangsa Indonesia ternyata dikenal sebagai bangsa yang memiliki minat baca yang rendah. Silakan cari informasi tersebut, anda akan terkejut, karena itulah sesungguhnya yang terjadi.



Lantas, apa masalahnya jika bangsa Indonesia memiliki minat baca rendah ? Apakah orang-orang akan susah hidupnya atau orang-orang tiba-tiba jatuh miskin karena tidak membaca buku?

Tentu saja tidak, orang kaya tetap kaya meskipun dia tidak membaca buku. Orang miskin juga tidak bisa tiba-tiba menjadi kaya raya dengan membaca buku. Kalau begitu mengapa kita harus pusing dengan peringkat minat baca kita yang rendah? Lagipula sudah sejak zaman dahulu, tanpa membaca bukupun nenek moyang kita bisa tetap eksis hidup di muka bumi.

Kita memang harus membuat bangsa ini rajin membaca buku, tapi mengapa ? Silakan simak jawabannya di bawah ini.

1. Dengan membaca buku kita bisa pintar.
Wahai kalian para kaum terpelajar, apa sih yang menjadi pendorong kalian untuk bangun pagi lalu berangkat ke sekolah? Pihak yang membuat kalian harus rela bangun pagi tiap hari ke sekolah adalah Pemerintah. Coba bayangkan seandainya hari ini pemerintah menghentikan program wajib belajar dengan wajib kerja, niscaya kalian akan segera terlempar ke dunia kerja yang keras, meninggalkan bangku sekolah kalian masing-masing. Pemerintahlah yang memiliki rencana besar agar bangsa Indonesia menjadi warga yang pintar. Dan asal kalian tahu, pemerintah tak henti-hentinya menyuruh kalian membaca buku tentu supaya kalian pintar dan dengan kepintaran kalian, kalian bisa menggunakannya untuk kemajuan diri kalian dan bangsa Indonesia.

2. Kita adalah manusia
Sesungguhnya yang pusing tujuh keliling dengan segala macam problematika kehidupan hanyalah manusia. Dengan membaca buku kita bukan hanya membuktikan bahwa kita berakal, melainkan juga kita akan semakin jauh berbeda dengan makhluk lain seperti hewan atau tumbuhan. Untuk itulah bacalah bukumu dan petiklah manfaat dari buku yang kau baca

3. Menumbuhkan cinta dan kasih sayang
Benarkah demikian? dengan membaca buku kita bisa semakin mencintai dan menyayangi orang-orang yang kita cintai? jawabannya benar sekali. Kita mungkin sudah menerima informasi dari lisan bahwa kedua orangtua kita adalah orang yang sangat berperan dalam hidup ini. Akan tetapi dengan membaca buku, kalian akan menemukan alasan-alasan kuat mengapa kita harus mencintai orangtua, saudara, sesama manusia dan lain-lain. Kata-kata yang tertulis dalam buku akan tersimpan abadi dalam hati dan jiwa para pembacanya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda